PERKEMBANGAN INTERNET
Internet
Interconnection-networking
adalah sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara
satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia dengan menggunakan standart
Internet Protocol Suite. Sejarah internet di Indonesia pertama kali
dikenal pada tahun 1990 an. Adanya teknologi informasi seperti internet ini
telah membuka mata dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place
baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Dunia di dalam
Internet disebut juga dengan dunia maya (cyberspace). Hadirnya Internet sebagai
sebuah infrastruktur dan jaringan telah menunjang efektifitas dan efisiensi
operasional sebuah perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi,
publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.
Informasi dalam Internet umumnya disebarkan melalui suatu halaman website yang
dibuat dengan format bahasa pemrograman HTML (Hypertext Markup Languange).
Internet ini merupakan jenis media massa modern, dimana dapat dilihat bahwa
tidak semua jejaring social yang ada di dalam internet merupakan media massa,
namun akan sangat menjadi salah jika kita berpendapat bahwa internet merupakan
media massa bentuk baru atau pun modern. Internet sendiri merupakan ruang
komunikasi baru yang salah satu fungsinya adalah dapat menjadi media massa.
Perlu diketahui bahwa Internet tidak memiliki sentralisasi pemerintahan baik
dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan dalam
setiap jaringan, konstituen menetapkan kebijakan sendiri.
Computer Mediated Communication (CMC)
Komunikasi
dalam Internet disebut computer mediated communication (CMC). CMC ini
memfasilitasi manusia dengan aplikasi yang beragam, salah satunya media sosial.
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk
menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Menurut Kaplan &
Heinlein (2010) bahwa media sosial terdiri dari :
- Collaborative project : Suatu media social yang dapat membuat sebuah konten dan di dalam pembuatannya dapat di akses oleh seluruh khalayak secara global, contohnya : Wiki, dan aplikasi bookmark social.
- Blogs and Microblogs : Suatu website yang menyampaikan mengenai opini, pengalaman, atau kegiatan sehari – hari, dimana aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun
- Content Communities : Sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan orang lain, baik dengan jarak jauh maupun dekat (berbagi gambar, video, eboook, dan lain – lain)
- Social Networing Sites : Sebuah situs yang membantu seseorang untuk membuat sebuah profile dan dapat menghubungkannya dengan pengguna lain (Instagram, Path, Facebook, Twitter, dan lain – lain)
- Virtual Games : Permainan dunia virtual, dimana mereplikasikan lingkungan 3D, dan user bisa muncul dengan avatar – avatar yang diinginkannya.
- Virtual Social : Merupakan sebuah aplikasi yang mensimulaskan kehidupan melalui internet, situs ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan menggunakan sebuah avatar yang mirip kehidupannya.
Kegunaan Internet
Pada umumnya
Internet biasa digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di
seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet mempunyai banyak
kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang (bisnis, akademis,
pemerintahan, organisasi, dan lain - lain) antara lain :
- Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll
- Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
- Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
- Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
- Sebagai alat untuk research dan development atau pertukaran data
Internet sebagai Media Komunikasi
Beberapa
fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi
dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat
dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk
menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang,
- Butuh 30 tahun untuk radio
- Butuh 15 tahun untuk televisi, dan
- Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain
Kalau
dilihat dari fakta demikian, tentu Kegunaan Internet semakin berkembang dalam
memenuhi tuntutan para penggunanya yang mencakup media online, transportasi,
transaksi, dan lain sebagainya.Perbedaan internet dibandingkan media komunikasi
lain dapat di lihat dari dua sisi, yaitu pengunaannya oleh komunikator dan
komunikan serta dari sisi karakteristik internet itu sendiri sebagai sebuah
media komunikasi. Perbedaan karakteristik internet dibandingkan dengan media
lain dalam system operasional adalah sebagai berikut :
- Perbedaan yang utama dan makro tersebut yaitu, internet adalah media berbasiskan komputer.
- Internet sebagai media komunikasi yang memiliki penawaran interaktif dan dinamis terhadap para penggunanya.
- Media internet mampu menjadi pusat informasi dimana internet adalah sumber informasi yang tidak terbatas.
- Luas jangkauan dari media internet tentu saja melintas antar benua, antar negara, serta antar budaya.
- Fungsi internet sebagai media, selain sama dengan fungsi media lain, media internet juga memiliki banyak penawaran untuk pengembangan bidang jasa maupun bisnis dimana hal ini menjadi satu bagian dari gaya hidup.
Sisi Positif dan Negatif Internet
Pemerintah
Indonesia mulai mendorong kepada seluruh warganya untuk meggunakan media
Internet seperti yang dilakukan oleh Depkominfo yang mensponsori penayangan
berbagai iklan di media televisi, tapi apakah penggunaan Internet dapat
memberikan manfaat positif atau malah dapat berdampak negatif pada para
penggunanya masih belum dipastikan, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa
ada banyak manfaat positif yang didapat dari penggunaan media Internet, tapi
ada juga beberapa dampak negatif yang dapat dialami oleh para pengguna Internet.
Sisi positif
Pada awalnya
orang awam dengan teknologi informasi menggunakan internet untuk sarana hiburan
saja tetapi dalam perkembangannya, pengguna lebih cerdas dalam memanfaatkan
teknologi dunia tanpa batas ini. Internet telah menyentuhaspek kehidupan
manusia. Adanya jejaring social pun memungkinkan terjadinya pertukaran
informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para pelajar. Begitu pula
dengan transaksi perbankan, listrik pembelian tiket, toko online dan lain –
lain. Tempat dan waktu bukanlah masalah lagi bagi para user untuk melakukan
trannsaksi.
Sisi negatif
Kemudahan
akses internet membawa masalah yang cukup rumit juga. Tidak adanya batasan
minimal usia dan kurangnya pendampingan dari sisi orangtua, dimana celah bagi
anak-anak untuk membuka situs-situs yang tidak sesuai, dan hal ini merupakan
warning sekaligus tanatangan bagi para orang tua untuk memberikan filter bagi
anak – anaknya saat mengakses internet. Terlepas dari apapun, setiap perubahan
teknologi akan memberikan risiko yang perlu mendapatkan perhatian dari semua
pihak. Kelemahan lain dari internet adalah kekuatannya untuk menjaukan orang –
orang dari dunia nyata . Clifford stoll seorang pengarang buku mengenai
internet menyatakan bahwa masalahnya adalah waktu tiga atau empat jam habis
hanya untuk berdiam di depan komputer tetapi tidak dengan keluarga
WEB 1.0, 2.0, dan 3.0
Web 1.0
Web 1.0
merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi
dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat komputer,
aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih
berupa HTML saja. Contohnya web 1.0 adalah cnn.com
Web 2.0
Web 2.0
muncul sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat
berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya. Kelebihan dari
web ini adalah sebagai berikut :
- Web sebagai platform
- Data sebagai pengendali utama
- Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
- Inovasi disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen
- Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
- Akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak.
- Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
- Teknologi yang dipakai adalah AJAX
Web 3.0
Web ini
masih dalam tahap pengembangan dan akan berkembang pada tahun 2010-2020.
Teknologi web generasi ketiga ini merupakan perkembangan lebih maju dari Web
2.0 dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata. Web
3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide.Web 3.0
mempunyai kemampuan interaksi di dalamnya menyediakan apa yang kita butuhkan
dengan bisa memberi saran atau nasihat. Semantic Web (web dengan kemampuan
membaca situs semudah manusia membacanya sehingga informasi dapat disajikan
dengan cepat dan tepat)
Perbedaan Web 1.0, 2.0, dan 3.0
Web adalah
suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang digunakan diidentifikasi
oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). Secara
umum, Web 1.0 ini mulai dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki
sifat yang sedikit interaktif.Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read.
Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0 yang merupakan revolusi bisnis di
industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform,
juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai
keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah Read-Write. Era Web 2.0 tidak
membutuhkan orang jenius yang hanya berkutat sendiri di ruang tertutup atau
laboratorium untuk membuat teknologi baru yang dipatenkan agar membuat dirinya
menjadi terkenal. Tapi era ini lebih membutuhkan orang untuk saling berbagi
ilmu, pengalaman atau lainnya sehingga terbentuk komunitas online besar yang
menghapuskan sifat-sifat individu. Selanjutnya adalah Web 3.0, jika dunia
seluler dikenal istilah 3G, maka di Internet ada yang namanya Web 3.0. Aplikasi
– aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi, kemampuan interaksi
ini dimulai dengan adanya web service. Di web 3.0 ini, sudah terjadi
konvergensi yang sangat dekat antara dunia IT dengan dunia telekomunikasi.
Penggunaan perangkat IT dan telekomunikasi nantinya sudah seperti sama saja
tidak ada bedanya. Saat ini saja pertanda seperti itu sudah mulai bisa kita rasakan
walaupun masih belum sempurna. Kita bisa menonton tv di ponsel atau komputer,
bisa mengakses internet di ponsel, bisa melakukan SMS dan telepon dari
komputer. Ya karena konvergensi terhadap berbagai perangkat seperti hukum alam
yang tidak bisa dielakkan. Semua mengalami evolusi menuju dunia yang lebih
maju.
Perkembangan
teknologi komputer dan internet, telah mengubah pola pikir maupun interaksi
masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Dimana
internet telah memberikan kontribusi besar dalam komunikasi bagi masyarakat,
perusahaan, industri maupun pemerintahan. Jaringan internet pun dapat
difungsikan antar belahan dunia secara instan dan global. Kemampuan peralatan
teknologi informasi yang dapat digunakan pada berbagai peralatan teknologi
informasi dan komunikasi lainnya atau disebut juga konvergensi media.
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media – media yang
ada untuk dapat digunakan dan diarahkan kedalam suatu titik tujuan diamana
konvergensi media ini biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi
digital yang memungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Penggunaan
beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan
fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari di dalam kehidupan saat
ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam
melakukan aktifitas manusia.
Contoh Perkembangan Internet di Indonesia
Dengan
berkembangnya teknologi khususnya internet maka kejahatan pun banyak berkembang
dalam dunia internet yang disebut cybercrime, hal ini terjadi pada penyerangan
terhadap jaringan internet KPU. Jaringan internet di Pusat Komisi Pemilihan
Umum sempat terganggu beberapa kali. Adapun modusnya adalah untuk mengacaukan
proses pemilihan suara di KPU, ini merupakan bentuk tindakan cybercrime
dikarenakan penyerang dengan sengaja melakukan pengacauan pada tampilan halaman
tabulasi nasional hasil dari pemilu. Kejahatan cybercrime ini termasuk pada
kategori jenis data forgery, hacking-cracking sabotage and extortion. Tujuan dari
pencurian itu hanya untuk mencuri informasi saja. Pihak yang kecurian tidakakan
merasakan kehilangan. Namun efeknya akan terasa jika informasi tersebut
digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut akan membuat
semua beban biaya pengguna account oleh si pencuri dibebankan kepada si pemilik
account yang sebenarnya.Kasus ini banyak terjadi di ISP (Internet Service
Provider).
dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_internet
Komentar