Formula Copywriting
Formula
Copywriting : 17 Rumus Untuk Membuat Storytelling
Formula Copywriting…
Apa yang anda pikirkan
tentang itu ?
Maka saya akan
menjelaskan anda tentang formula copywriting ini dan contohnya.
Copywriting telah
menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis online.
Storytelling merupakan
cara paling efektif untuk menarik pembaca kedalam konten.
Pasti anda setuju
dengan pernyataan tersebut.
Untuk mempermudah
untuk cara membuat storytelling, para copywriter banyak menggunakan berbagai
formula copywriting. Formula ini tidak hanya digunakan dalam pembuatan konten
blog. Tapi juga dalam pemasaran di media sosial, email atau segala jenis
pemasaran secara online.
Apakah anda merasa
kesulitan untuk mencari cara membuat copywriting ?
Disini saya mencoba
mempresentasikan beberapa formula copywriting yang sering menjadi panduan bagi
copywriter.
Seorang copywriter
akan menggunakan teknik atau formula copywriting ketika menuliskan sesuatu.
Dengan formula
tersebut mereka dapat menghindari penulisan copy yang buruk.
Dengan formula ini
dapat membantu copywriter menghasilkan ide-ide baru.
Untuk mengawali
panduan formula copywriting maka saya akan membahas bagaimana formula iini
dapat membuat copywriting menjadi lebih baik.
Ketika anda ingin
menulis maka anda harus memperhitungkan media anda.
Anda dapat mencoba
menulis untuk
- Halaman
blog
- Halaman
panjang untuk penjualan
- Email
- Video
- Email
- Iklan
- Tweet
- Postingan
blog
setelah anda
mengetahui media yang akan dituju maka langkah selanjutnya anda menentukkan
elemen pada copywriting.
Anda dapat menggunakan
struktur menulis berikut
- Headline
atau posting pada setiap media
- Nilai
manfaat
- Testimonial
- List
bullet
- Badan copy
- CTA
- Subjek (
untuk email)
Dengan menggunakan
struktur tersebut anda telah 90% menyelesaikan tulisan.
Kemudian anda harus
mengoptimalkan tiap poin struktur diatas. Dengan tulisan yang terstruktur itu
akan menghasilkan copy yang menarik.
Anda tinggal
memolesnya dengan menggunakan beberapa teknik copywriting .
Catatan,
Formula copywriting
dapat optimal jika anda juga menggunakan penelitan terlebih dahulu.
Formula
Copywriting yang dapat menarik perhatian pembaca
Mengapa anda harus
menggunakan formula copywriting untuk menarik perhatian pembaca.
Alasan yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Copywriting merupakan cara paling efektif untuk membuat tulisan anda menarik.
Alasan yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Copywriting merupakan cara paling efektif untuk membuat tulisan anda menarik.
Dengan mendapatkan
formula yang tepat anda dapat meningkatkan kemungkinan tulisan copy anda
mendapat perhatian pembaca.
Sekarang saya akan
membahas beberapa formula copywriting…
Apakah anda sudah siap
?
Mari kita mulai...
1.
AIDA
Teknik AIDA merupakan formula copywriting klasik
yang digunakan dalam berbagai tulisan copy pemasaran. Teknik ini sering
digunakan pada halaman penjualan, landing pages, email, dll.
Berbagai ide dapat
anda peroleh dengan menggunakan metode standar tulisan copy ini.
- A : Attention, Mendapatkan
perhatian pembaca
- I : Interest, Informasi menarik
bagi pembaca
- D : Disire, Manfaat produk,
jasa, ide dan bukti tentang apa yang anda tulisan
- A : Action, tanggapan dari
pembaca.
Model Aida merupakan
tahapan yang membuat kesadaran akan sebuah merk kemudian dapat membuat
keputusan. Dengan kata lain AIDA membantu menjelaskan bagaimana cara merubah
kesadaran akan merk menjadi sebuah tindakan.
Teknik AIDA ini telah
menjadi kiblat bagi teknik Copywriting lainnya.
- AIDCA (
Attention- Interest – Desire – Conviction – Action)
- IDCA
(Interst – Desire- conviction)
- AIDPPC
(Attention – Interest – Description – Persuasion – Proof – Close)
- ACCA
(Awareness – Comprehension – Conviction –Action)
- AAPA
(Attention – Advantage – Proof – Persuasion – Action)
- PPPP (
Picture – Promise – Prove – Push)
AIDCA
Pada perkembangannya
Teknik AIDA berkembang menjadi AIDCA
- A :
Attention
- I :
Interest
- D : Desire
- C :
Conviction atau keyakinan
- A : Action
Pada teknik AIDCA
tidak jauh berbeda dengan AIDA namun terdapat penambahan elemen keyakinan
sebelum Action.
Untuk menyakinkan
konsumen maka copywriter akan memberikan keyakinan kepada pembaca sebelum
bertindak. Biasanya Keyakinan ini dapat berupa :
- Testimonial
- Statistik
- Jaminan
- Dukungan
Ketika brand anda
telah menarik perhatian, anda dapat menghilangkan elemen attention atau menjadi
IDCA. Sehingga anda tidak perlu lagi menarik perhatian pembaca.
AIDPPC
Reinkarnasi AIDA
selanjutnya adalah AIDPPC. Teknik ini dikembangkan oleh Robert Collier. Teknik
ini memiliki persamaa dua hal pertama dengan AIDA. Namun AIDPPC membagi
keinginan menjadi 3 bagian yaitu :
- Description/Deskripsi
: Kemungkinan solusi tetapi juga masalah, tantangan yang sulit
- Persuasion
/Unsur persuasif : Mengambarkan masa depan yang tidak jelas dan tidak mau
rugi.
- Proof
/Bukti : Memberikan solusi yang terbukiti dapat menyelesaikan masalah.
ACCA
Turunan AIDA yang
menggagumkan lainya adalah ACCA.
ACCA merupakan teknik
copywriting yang memiliki kecenderungan untuk mencoba menjalin hubungan dengan
pembaca yang bermasalah.
Cara kerja ACCA adalah
- Memberikan
kesadaran tentang masalah
- Meningkatkan
pemahaman masalah dengan cara memberi penjelasan
- Menanamkan
keyakinan untuk menyelesaikan masalah kepada pembaca
- Kemudian
meminta kepada mereka untuk melakukan action
AAPPA
Victor O. Schwab mengemukan bahwa keuntungan dalam copywriting
harus ditampilkan. Dengan mengajak pembaca memahami keuntungan dapat mengajak
untuk melakukan tindakan.
Cara kerja Formula
AAPPA
- Menarik
perhatian pembaca
- Menggambarkan
keuntungan kepada pembaca dengan memakai solusi
- Membuktikan
tentang apa yang anda katakan
- Merayu
pembaca
- Terakhir
mengajak mereka untuk melakukan tindakan
PPPP
Ini merupakan formula
yang dibuat oleh Henry Hoke.
Formula ini
menggunakan gambar sebagai cara untuk menarik perhatian pembaca. kemudian
mereka memberikan janji kepada pembaca.
Formula ini hampir
mirip dengan formula AIDA tetapi teknik copywriting ini mempersempit titik
persuasi yang kuat (Imajinasi).
Dengan menggunakan
imajinasi yang kuat ini akan membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu.
Imajinasi.
Penerapan PPPP dapat
menciptakan pemasaran yang jelas dengan memanfatkan persuasi dan mendorong
seseorang untuk membeli sesuatu.
Setelah itu anda dapat
menjelaskan tentang manfaat.
Selanjutnya kita bahas
tentang formula ini
- Picture :
Mengiring seseorang membayangkan titik seseuatu
- Promise :
Membuat janji berdasarkan dari apa yang anda gambarkan
- Prove :
Mengungkapkan bukti atas janji yang anda berikan (seperti testimonial)
- Push :
Mendorong pembaca untuk melakukan tindakan
2.
Teknik Danny iny’s 6+1
Teknik Copywriting ini
merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari AIDA yang di tawarkan oleh Danny
Iny dari Firepole.
Langkah yang harus
dilakukan dalam teknik ini
- Context :
Mempertimbangkan konteks
- Attention
: Mencari perhatian
- Desire :
Memberikan kepada pembaca rasa “ keinginan “
- GAP :
Menghadirkan resiko jika tidak melakukan tindakan
- Solution :
Memberikan solusi yang diberikan kepada pembaca
- Call to
Action : Menghubungi pembaca untuk melakukan tindakan
Kemudian ke 6 elemen
tersebut ditambahkan dengan Kredibilitas.
Kredibilitas merupakan hal yang harus dimiliki untuk mengikat ke 6 eleman tersebut. Tanpa ada unsur tambahan ini maka tulisan copy anda akan sia-sia.
Kredibilitas merupakan hal yang harus dimiliki untuk mengikat ke 6 eleman tersebut. Tanpa ada unsur tambahan ini maka tulisan copy anda akan sia-sia.
Kepercayaan pembaca…
itulah yang
dimaksudkan dengan kredibitas disini.
Ketika pembaca anda
tidak percaya dengan apa yang anda buat. Maka pembaca anda tidak akan memiliki
alasan apapun untuk menindaklanjuti dari tulisan copy anda.
Oleh sebab itu dalam
teknik ini anda harus membangun kepercayaan pembaca anda. Anda dapat memulai
dengan memberikan pemahaman yang jelas pada mereka. Anda harus dapat
menunjukkan mengapa anda dapat dipercaya.
3.
PAS
PAS merupakan salah
satu metode Copywriting yang sering digunakan. Metode ini merupakan formula
copywriter Dan Kennedy. PAS sendiri adalah singkatan dari :
- P :
Problem – Mengambarkan Masalah pada pembaca
- A :
Agitate – Sentuh masalah tersebut hingga pembaca merasa gelisah
- S : Solve
– Hadirkan solusi dari kegilasahan yang ditimbulkan dari masalah
“Ketika anda memahami
bahwa orang cenderung bertindak untuk menghindari rasa sakit untuk memperoleh
keuntungan. Anda akan mengerti bagaimana kuatnya teknik ini. Teknik penjualan
ini adalah teknik yang paling dapat diandalkan yang pernah diciptakan – Dan
Kennedy”.
Bagaimana teknik PAS
ini dijalankan ?
Saya akan bahas secara
singkat…
Pertama kali yang
harus anda lakukan adalah menggambarkan masalah. Maka permasalahan tersebut
akan membuat pembaca menjadi gelisah untuk menghindar dari masalah tersebut.
Pada saat itulah anda menawarkan solusi kepada mereka.
PAS lebih cenderung
menampilkan permasalahan daripada manfaat untuk mendapatkan perhatian.
Kecenderungan manusia yang ingin terhindar dari permasalah, kerumitan, resiko
merupakan sasaran utamanya.
4.
QUEST
QUEST sendiri
merupakan kependekan dari
- Q :
Qualify, memilih calon pembaca
- U :
Understand, mengetahui membuat mereka memahami anda
- E :
Educate, memberikan pendidikan dengan cara yang baik
- S :
Stimulate, merangsang pembaca sehingga mereka telah menemukan solusi
- T :
Transisi, mengetahui darimana pembaca anda berasal.
5.
SLAP
Jika anda menginginkan
cara yang relatif murah maka SLAP adalah jawabannya.
Pertama anda harus Membuat pembaca terkejut dan dia berhenti melakukan kegiatannya. Kemudian dia benar-benar mendengar apa yang sedang anda katakan.
Pertama anda harus Membuat pembaca terkejut dan dia berhenti melakukan kegiatannya. Kemudian dia benar-benar mendengar apa yang sedang anda katakan.
Kemudian anda meminta
mereka untuk melakukan tindakan.
- Stop :
memberi keterkejutan untuk memperoleh perhatian
- Look :
Buat pembaca untuk melihat atau membaca
- Act :
Mendorong pembaca untuk melakukan Action
- Purchase :
Mengiring pada pembelian
6.
5-Point Copywriting Formula
Jack Lacy memciptakan
pedoman ini untuk digunakan dalam surat penjualan.
Formula ini sangat
sederhana dan sangat baik digunakan untuk landing page.
Cara kerja 5 – Point Copywriting Formula
Cara kerja 5 – Point Copywriting Formula
- Apa yang
akan anda tawarkan kepada saya jika saya mendengarkan cerita anda ?
- Bagaimana
cara anda akan melakukannya ?
- Siapa yang
bertanggung jawab dengan janji yang anda buat ?
- Yang telah
anda lakukan ?
- Berapa
biaya yang saya keluarkan ?
7.
SSS
Formula ini merupakan
formula copywriting yang sangat populer saat ini.
SSS sendiri merupakan
kepanjangan dari :
- Star :
Karakter utama dalam cerita anda
- Story :
Cerita itu sendiri
- Solution :
Menjelaskan tentang bagaimana karakter memiliki solusi diakhir cerita.
Copywriting ini
menggunakan bintang, cerita dan solusi atau karakter, fokus dan pendek.
Sehingga dapat dletakkan pada landing pages terutama untuk personal branding
dan info produk.
Didalam metode ini
dibutuhkan seorang bintang yang akan menjadi bagian dari cerita. Kemudian anda
dapat memperkenalkan bintang tersebut.
Berikut contoh Formula
SSS
- Pertama
anda memperkenalkan bintang dalam cerita
- Kemudian
anda mulai membuat sebuah cerita yang relevan.
- Dan
terakhir anda memberikan solusi dan memperkenalkan produk anda
8.
FAB
Kepanjangan dari FAB
adalah
- Feature
(Fitur)
- Advantage
(Keuntungan)
- Benefit
(Manfaat)
Formula copywriting
ini terdengar sederhana namun rumus ini mampu menhasilkan hasil yang luar biasa.
Potensi formula ini dapt menghipnotis pembaca sehingga memiliki potensi membuat
tulsian yang sukses.
Jadi bagaimana cara
kerja Formula FAB ini ?
Saya akan mencoba
menjelaskan secara singkat…
Ketika anda memiliki
produk/jasa tentunya memiliki fitur. Namun anda hanya perlu membahas kelebihan
fitur anda. Jika anda menghabiskan waktu untuk menjelaskan semua fitur yang ada
akan membuat jenuh pembaca.
Inti penjelasan fitur
ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan pembaca. keterampilan inilah yang
harus ditangkap oleh copywriter.
Langkah selanjutnya
dari rumus ini adalah Keuntungan pelanggan dengan menggunakan produk anda.
Jelaskan kelebihan produk anda dibanding dengan pesaing. Pada tahapan ini anda
dapat menjelaskan secara detail tentang keuntungan yang diperoleh dari pembaca.
Setelah pembaca
mengerti tentang fitur dan keuntungan yang dimiliki oleh produk anda maka
saatnya anda menjelaskan tentang manfaat.
Kuncinya pada poin ini
adalah anda harus dapat mengikat manfaat produk dengan pembaca. Anda dapat menjelaskan
secara lisan maupun visual (gambar, indografik atau video) hingga dapat
menyakinkan pembaca.
Ketika pembaca dapat
memahami permasalahan mereka maka anda memiliki solusi untuk masalah mereka.
Jika anda dapat
memberikan solusi maka anda dapat menggiring pembaca untuk melakukan tindakan.
9.
Before–After–Bridge
Ini adalah formula
yang menjelaskan secara detail dari masalah tidak ada hingga permasalahan
tersebut ada.
Sebenarnya ini adalah
metode yang sederhana namun terbukit efektif untuk mendapatkan perhatian
pembaca.
Mari kita lihat lebih
dalam lagi.
- Before–
Menjelaskan keadaaan saat ini
- After _
Mengambarkan masa depan yang memiliki banyak kemungkinan
- Bridge _
Menjelaskan bagaimana anda membantu pembaca untuk menghadapinya
Anda dapat mengunakan
formula ini untuk media sosial, email pemasaran, blog atau landing page.
10.
4 C
Formula ini banyak
menjadi favorit copywriter karena fokus pada tujuan tulisan dan manfaat untuk
pembaca.
Formula ini
dikembangkan oleh salah satu copywriter paling AS yaitu Robert Bly.
Penulisan yang jelas, ringkas serta menemukan sisi menarik sehingga tulisan anda dapat dipercaya.
Penulisan yang jelas, ringkas serta menemukan sisi menarik sehingga tulisan anda dapat dipercaya.
- Clear :
Apakah itu jelas ?
- Concise :
Apakah itu singkat ?
- Compelling
: Apakah itu menarik ?
- Credible :
Apalah itu kredibel ?
Formula ini lebih
cenderung sebagai ceklis dari salinan anda. Dengan list ini anda dapat
memastikan komponen mana yang tidak terdapat dalam tulisan anda. Jika ada poin
yang hilang maka tulisan anda terlihat lemah dan samar.
11.
4 U
Jika anda ingin
menggunakan Twitter sebagai media maka formula 4U ini sangat efektif. Rumus ini
sangat naik digunakan pada media sosial. Faktor urgensi dan spesifikasi tidak
memerlukan kalimat panjang tapi mudah difahami.
Cara kerja Formula 4U
- Useful :
buatlah konten yang berguna
- Urgensi :
menimbulkan rasa urgensi
- Unique :
menyampaikan ide yang bermanfaat dan terlihat unik
- Ultra
spesifik : penyampaian yang spesifik dan tepat pada tujuan
Jika anda menguasai
formula ini maka anda akan memperoleh hasil yang maksimal pada media sosial.
12.
AICPBSAWN
AICPBSAWN merupakan
formula yang menggambungkan semua elemen yang ada. Ini membuat Salinan anda
menjadi besar.
Berikut penjelasannya,
- Attention
: Membuat sesuatu yang mendapatkan perhatian pembaca. Hal ini membuat
konten anda terlihat unik dalam persaingan.
- Interest :
katakan kepada pembaca sehingga mereka memiliki alasan untuk membaca
konten anda
- Credibility
: ketika pembaca anda tertarik terhadap konten maka anda harus memberi
alasan mengapa pembaca harus percaya dengan anda.
- Prove :
Buktikan pada pembaca anda bahwa pernyataan anda benar. gunakan
testimonial, fakta, angka, data dll.
- Benefit :
berikan manfaat yang diperoleh pembaca jika mengunakan bisnis atau jasa
anda. Manfaat ini dapat anda sajikan dengan menarik.
- Scarcity :
Beritahu pembaca anda tentang kelangkaan.
Contoh kalimat yang
mempertegas kelangkaan,
- Tersedia
dalam waktu terbatas
- Hanya
untuk 20 orang
- Dicetak
dalam edisi terbatas
Dengan menciptakan
kelangkaan akan membuat pembaca anda berpikir lebih cepat dalam mengambil
tindakan.
Menggunakan teknik kelangkaan
ini harus benar dilakukan secara nyata. Sehingga konten anda dapat dipercaya.
Pastikan kelangkaan yang anda tawarkan adalah fakta.
- Action :
katakan pada pembaca mengapa pembaca anda harus melakukan tindakan. Jangan
berasumsi bahwa pembaca anda mengerti mengerti untuk mengambil tindakan.
Anda harus memberitahu mereka cara melakukan tindakan.
- Warning :
Peringatkan pembaca anda tentang resiko jika tidak mengambil tindakan.
- Now :
pastikan anda memiliki tawaran yang menarik sehingga memastikan pembaca
untuk mengambil tindakan sekarang.
Formula copywriting
ini memberikan peluang bagi anda ide yang besar. Dan anda dapat menemukan sudut
yang unik untuk produk, jasa atau ide anda.
13.
Star – Chain – Hook
Elemen utama pada
formula ini adalah Chain atau rantai. Inilah dijadikan sebagai dasar bagi
menarik perhatian pembaca.
- Star/Bintang
: Produk, layanan atau ide anda
- Chain/Rantai:
Serangkaian fakta, data, sumber, manfaat dan alasan
- Hook/kait
: Panggilan untuk bertindak
14.
Formula 1 – 2 – 3 – 4 untuk copy persuasif
Rumus ini menggunakan
empat pertanyaan yang memiliki hubungan dalam pembuka cerita rumus sebelumnya.
Setelah anda menjelaskan tentang manfaat maka anda dapat memberikan tentang
otoritas anda.
- Apakah
yang anda tawarkan ?
- Apa yang
bisa dilakukan dengan produk anda ?
- Beritahu
siapa anda ?
- Bagaimana
cara mendapatkan produk anda ?
15.
5 keberatan dasar
Kemungkinan pembaca
anda memiliki alasan untuk membaca konten anda. Alasan tersebut kemungkinan
akan jatuh kedalam salah satu keberatan berikut :
- Saya tidak
memiliki cukup waktu
- Saya tidak
memiliki uang
- Tidak
berguna untuk saya
- Saya tidak
percaya anda
- Saya tak
memerlukannya
Hal ini perlu anda
pikirikan saat anda menulis. Jika anda mampu menyelesaikan permasalah ini maka
akan meningkatkan perhatian pembaca.
16.
Formula pendekatan
Pendekatan formula ini
sering digunakan oleh telemarketer atau seorang sales door to door. Rumus ini
membutuhkan waktu untuk membagun kepercayaan dan mencari waktu terbaik untuk
melakukan penjualan.
- Datang
pada masalah
- Menawarkan
solusi
- Merayu
pendengar mengapa solusi anda yang terbaik
- Yakinkan
pada pembaca anda solusi anda dapat dipercaya
- Mengatur
kesempatan yang tepat untuk menjual
- Meminta
respon
Penggunaan rumus ini
dapat berjalan lambat. Anda membutuhkan cara pemasaran atau konten yang panjang
agar mendapat respon dari pembaca.
17.
Formula Copywriting Bob Sterling Power
Rumus ini sangat cocok
untuk landing page dan halaman panjang untuk penjualan.
Penyampaian formula
ini cukip detail dan panjang . langkah panjang ini berisi 36 poin yang harus
anda perhatikan.
Mari kita mulai,
Persyaratan formula
ini :
- Memilik
produk yang berkualitas
- Membuat
dan menggunakan Profil pembaca
- Kredibilitas
- Penawaran
Langkah-langkah :
- Melakukan
penelitian mendalam dan menyeluruh untuk tulisan anda
- Biarkan
ide anda berkembang
- Lengkapi
daftar fitur, fakta dan angka
- List
setiap manfaat
- Ciptakan
tawaran menarik
- Buat
jaminan besar
- Tulislah
judul yang menarik perhatian
- Gunakan
warna setiap poin kunci untuk menarik perhatian
- Batasi
jumlah grafis
- Menarik
pembaca dengan pembuka dan memenuhi janji yang relevan dengan judul
- Menghilangkan
keberatan awal
- Buatlah
sambungan menarik dengan sub header untuk setiap potongan agar pembaca
anda tertarik membaca setiap konten anda
- Buatlah
pembaca anda merasa kesakitan mendalam
- Bangunlah
kredibilitas anda untuk membangun kerpercayaan
- Berikan
bukti yang dipercaya atas solusi yang anda berikan
- Beri jeda
setiap potongan tulisan anda agar mudah dibaca
- Mempersingkat
manfaat utama
- List fitur
produk anda
- Memberikan
tambahan yang berharga sehingga pembaca takut kehilangan tawaran anda
- Tampilkan
harga produk anda
- Ajakan
untuk merespon
- Mengurangi
resiko dengan jaminan
- Gunakan
faktor kelangkaan
- Membangun
dan memperkuat solusi dan bonus
- Buatlah
mudah bagi seseorang yang memesan
- Hindari
semua link yang membuat pelanggan anda pergi dari situs anda
- Santailah
sejenak
- Periksa
dan edit ulang salinan anda agar maksimal
Kesimpulan
Masih banyak formula
copywriting lainnya yang dapat anda pelajari. Namun formula copywriting diatas
merupakan rumusan dasar bagi copywriter.
Dengan rumusan
tersebut anda dapat menerapkannya dalan tulisan postingan blog atau media
sosial.
Komentar