Formula Copywriting

Formula Copywriting : 17 Rumus Untuk Membuat Storytelling
Formula Copywriting…
Apa yang anda pikirkan tentang itu ?
Maka saya akan menjelaskan anda tentang formula copywriting ini dan contohnya.
Copywriting telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis online.
Storytelling merupakan cara paling efektif untuk menarik pembaca kedalam konten.
Pasti anda setuju dengan pernyataan tersebut.
Untuk mempermudah untuk cara membuat storytelling, para copywriter banyak menggunakan berbagai formula copywriting. Formula ini tidak hanya digunakan dalam pembuatan konten blog. Tapi juga dalam pemasaran di media sosial, email atau segala jenis pemasaran secara online.
Apakah anda merasa kesulitan untuk mencari cara membuat copywriting ?
Disini saya mencoba mempresentasikan beberapa formula copywriting yang sering menjadi panduan bagi copywriter.
Seorang copywriter akan menggunakan teknik atau formula copywriting ketika menuliskan sesuatu.
Dengan formula tersebut mereka dapat menghindari penulisan copy yang buruk.
Dengan formula ini dapat membantu copywriter menghasilkan ide-ide baru.
Untuk mengawali panduan formula copywriting maka saya akan membahas bagaimana formula iini dapat membuat copywriting menjadi lebih baik.
Ketika anda ingin menulis maka anda harus memperhitungkan media anda.
Anda dapat mencoba menulis untuk
  • Halaman blog
  • Halaman panjang untuk penjualan
  • Email
  • Video
  • Email
  • Iklan
  • Tweet
  • Postingan blog
setelah anda mengetahui media yang akan dituju maka langkah selanjutnya anda menentukkan elemen pada copywriting.
Anda dapat menggunakan struktur menulis berikut
  • Headline atau posting pada setiap media
  • Nilai manfaat
  • Testimonial
  • List bullet
  • Badan copy
  • CTA
  • Subjek ( untuk email)
Dengan menggunakan struktur tersebut anda telah 90% menyelesaikan tulisan.
Kemudian anda harus mengoptimalkan tiap poin struktur diatas. Dengan tulisan yang terstruktur itu akan menghasilkan copy yang menarik.
Anda tinggal memolesnya dengan menggunakan beberapa teknik copywriting .
Catatan,
Formula copywriting dapat optimal jika anda juga menggunakan penelitan terlebih dahulu.
Formula Copywriting yang dapat menarik perhatian pembaca
Mengapa anda harus menggunakan formula copywriting untuk menarik perhatian pembaca.
Alasan yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah Copywriting merupakan cara paling efektif untuk membuat tulisan anda menarik.
Dengan mendapatkan formula yang tepat anda dapat meningkatkan kemungkinan tulisan copy anda mendapat perhatian pembaca.
Sekarang saya akan membahas beberapa formula copywriting…
Apakah anda sudah siap ?
Mari kita mulai...
1. AIDA
Teknik AIDA merupakan formula copywriting klasik yang digunakan dalam berbagai tulisan copy pemasaran. Teknik ini sering digunakan pada halaman penjualan, landing pages, email, dll.
Berbagai ide dapat anda peroleh dengan menggunakan metode standar tulisan copy ini.
  • A : Attention, Mendapatkan perhatian pembaca
  • I : Interest, Informasi menarik bagi pembaca
  • D : Disire, Manfaat produk, jasa, ide dan bukti tentang apa yang anda tulisan
  • A : Action, tanggapan dari pembaca.
Model Aida merupakan tahapan yang membuat kesadaran akan sebuah merk kemudian dapat membuat keputusan. Dengan kata lain AIDA membantu menjelaskan bagaimana cara merubah kesadaran akan merk menjadi sebuah tindakan.
Teknik AIDA ini telah menjadi kiblat bagi teknik Copywriting lainnya.
  • AIDCA ( Attention- Interest – Desire – Conviction – Action)
  • IDCA (Interst – Desire- conviction)
  • AIDPPC (Attention – Interest – Description – Persuasion – Proof – Close)
  • ACCA (Awareness – Comprehension – Conviction –Action)
  • AAPA (Attention – Advantage – Proof – Persuasion – Action)
  • PPPP ( Picture – Promise – Prove – Push)
AIDCA
Pada perkembangannya Teknik AIDA berkembang menjadi AIDCA
  • A : Attention
  • I : Interest
  • D : Desire
  • C : Conviction atau keyakinan
  • A : Action
Pada teknik AIDCA tidak jauh berbeda dengan AIDA namun terdapat penambahan elemen keyakinan sebelum Action.
Untuk menyakinkan konsumen maka copywriter akan memberikan keyakinan kepada pembaca sebelum bertindak. Biasanya Keyakinan ini dapat berupa :
  • Testimonial
  • Statistik
  • Jaminan
  • Dukungan
Ketika brand anda telah menarik perhatian, anda dapat menghilangkan elemen attention atau menjadi IDCA. Sehingga anda tidak perlu lagi menarik perhatian pembaca.
AIDPPC
Reinkarnasi AIDA selanjutnya adalah AIDPPC. Teknik ini dikembangkan oleh Robert Collier. Teknik ini memiliki persamaa dua hal pertama dengan AIDA. Namun AIDPPC membagi keinginan menjadi 3 bagian yaitu :
  1. Description/Deskripsi : Kemungkinan solusi tetapi juga masalah, tantangan yang sulit
  2. Persuasion /Unsur persuasif : Mengambarkan masa depan yang tidak jelas dan tidak mau rugi.
  3. Proof /Bukti : Memberikan solusi yang terbukiti dapat menyelesaikan masalah.
ACCA
Turunan AIDA yang menggagumkan lainya adalah ACCA.
ACCA merupakan teknik copywriting yang memiliki kecenderungan untuk mencoba menjalin hubungan dengan pembaca yang bermasalah.
Cara kerja ACCA adalah
  • Memberikan kesadaran tentang masalah
  • Meningkatkan pemahaman masalah dengan cara memberi penjelasan
  • Menanamkan keyakinan untuk menyelesaikan masalah kepada pembaca
  • Kemudian meminta kepada mereka untuk melakukan action
AAPPA
Victor O. Schwab mengemukan bahwa keuntungan dalam copywriting harus ditampilkan. Dengan mengajak pembaca memahami keuntungan dapat mengajak untuk melakukan tindakan.
Cara kerja Formula AAPPA
  • Menarik perhatian pembaca
  • Menggambarkan keuntungan kepada pembaca dengan memakai solusi
  • Membuktikan tentang apa yang anda katakan
  • Merayu pembaca
  • Terakhir mengajak mereka untuk melakukan tindakan
PPPP
Ini merupakan formula yang dibuat oleh Henry Hoke.
Formula ini menggunakan gambar sebagai cara untuk menarik perhatian pembaca. kemudian mereka memberikan janji kepada pembaca.
Formula ini hampir mirip dengan formula AIDA tetapi teknik copywriting ini mempersempit titik persuasi yang kuat (Imajinasi).
Dengan menggunakan imajinasi yang kuat ini akan membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Imajinasi.
Penerapan PPPP dapat menciptakan pemasaran yang jelas dengan memanfatkan persuasi dan mendorong seseorang untuk membeli sesuatu.
Setelah itu anda dapat menjelaskan tentang manfaat.
Selanjutnya kita bahas tentang formula ini
  • Picture : Mengiring seseorang membayangkan titik seseuatu
  • Promise : Membuat janji berdasarkan dari apa yang anda gambarkan
  • Prove : Mengungkapkan bukti atas janji yang anda berikan (seperti testimonial)
  • Push : Mendorong pembaca untuk melakukan tindakan
2. Teknik Danny iny’s 6+1
Teknik Copywriting ini merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari AIDA yang di tawarkan oleh Danny Iny dari Firepole.
Langkah yang harus dilakukan dalam teknik ini
  1. Context : Mempertimbangkan konteks
  2. Attention : Mencari perhatian
  3. Desire : Memberikan kepada pembaca rasa “ keinginan “
  4. GAP : Menghadirkan resiko jika tidak melakukan tindakan
  5. Solution : Memberikan solusi yang diberikan kepada pembaca
  6. Call to Action : Menghubungi pembaca untuk melakukan tindakan
Kemudian ke 6 elemen tersebut ditambahkan dengan Kredibilitas.
Kredibilitas merupakan hal yang harus dimiliki untuk mengikat ke 6 eleman tersebut. Tanpa ada unsur tambahan ini maka tulisan copy anda akan sia-sia.
Kepercayaan pembaca…
itulah yang dimaksudkan dengan kredibitas disini.
Ketika pembaca anda tidak percaya dengan apa yang anda buat. Maka pembaca anda tidak akan memiliki alasan apapun untuk menindaklanjuti dari tulisan copy anda.
Oleh sebab itu dalam teknik ini anda harus membangun kepercayaan pembaca anda. Anda dapat memulai dengan memberikan pemahaman yang jelas pada mereka. Anda harus dapat menunjukkan mengapa anda dapat dipercaya.
3. PAS
PAS merupakan salah satu metode Copywriting yang sering digunakan. Metode ini merupakan formula copywriter Dan Kennedy. PAS sendiri adalah singkatan dari :
  • P : Problem – Mengambarkan Masalah pada pembaca
  • A : Agitate – Sentuh masalah tersebut hingga pembaca merasa gelisah
  • S : Solve – Hadirkan solusi dari kegilasahan yang ditimbulkan dari masalah
“Ketika anda memahami bahwa orang cenderung bertindak untuk menghindari rasa sakit untuk memperoleh keuntungan. Anda akan mengerti bagaimana kuatnya teknik ini. Teknik penjualan ini adalah teknik yang paling dapat diandalkan yang pernah diciptakan – Dan Kennedy”.
Bagaimana teknik PAS ini dijalankan ?
Saya akan bahas secara singkat…
Pertama kali yang harus anda lakukan adalah menggambarkan masalah. Maka permasalahan tersebut akan membuat pembaca menjadi gelisah untuk menghindar dari masalah tersebut. Pada saat itulah anda menawarkan solusi kepada mereka.
PAS lebih cenderung menampilkan permasalahan daripada manfaat untuk mendapatkan perhatian. Kecenderungan manusia yang ingin terhindar dari permasalah, kerumitan, resiko merupakan sasaran utamanya.
4. QUEST
QUEST sendiri merupakan kependekan dari
  • Q : Qualify, memilih calon pembaca
  • U : Understand, mengetahui membuat mereka memahami anda
  • E : Educate, memberikan pendidikan dengan cara yang baik
  • S : Stimulate, merangsang pembaca sehingga mereka telah menemukan solusi
  • T : Transisi, mengetahui darimana pembaca anda berasal.
5. SLAP
Jika anda menginginkan cara yang relatif murah maka SLAP adalah jawabannya.
Pertama anda harus Membuat pembaca terkejut dan dia berhenti melakukan kegiatannya. Kemudian dia benar-benar mendengar apa yang sedang anda katakan.
Kemudian anda meminta mereka untuk melakukan tindakan.
  • Stop : memberi keterkejutan untuk memperoleh perhatian
  • Look : Buat pembaca untuk melihat atau membaca
  • Act : Mendorong pembaca untuk melakukan Action
  • Purchase : Mengiring pada pembelian
6. 5-Point Copywriting Formula
Jack Lacy memciptakan pedoman ini untuk digunakan dalam surat penjualan.
Formula ini sangat sederhana dan sangat baik digunakan untuk landing page.
Cara kerja 5 – Point Copywriting Formula
  1. Apa yang akan anda tawarkan kepada saya jika saya mendengarkan cerita anda ?
  2. Bagaimana cara anda akan melakukannya ?
  3. Siapa yang bertanggung jawab dengan janji yang anda buat ?
  4. Yang telah anda lakukan ?
  5. Berapa biaya yang saya keluarkan ?
7. SSS
Formula ini merupakan formula copywriting yang sangat populer saat ini.
SSS sendiri merupakan kepanjangan dari :
  • Star : Karakter utama dalam cerita anda
  • Story : Cerita itu sendiri
  • Solution : Menjelaskan tentang bagaimana karakter memiliki solusi diakhir cerita.
Copywriting ini menggunakan bintang, cerita dan solusi atau karakter, fokus dan pendek. Sehingga dapat dletakkan pada landing pages terutama untuk personal branding dan info produk.
Didalam metode ini dibutuhkan seorang bintang yang akan menjadi bagian dari cerita. Kemudian anda dapat memperkenalkan bintang tersebut.
Berikut contoh Formula SSS
  • Pertama anda memperkenalkan bintang dalam cerita
  • Kemudian anda mulai membuat sebuah cerita yang relevan.
  • Dan terakhir anda memberikan solusi dan memperkenalkan produk anda
8. FAB
Kepanjangan dari FAB adalah
  • Feature (Fitur)
  • Advantage (Keuntungan)
  • Benefit (Manfaat)
Formula copywriting ini terdengar sederhana namun rumus ini mampu menhasilkan hasil yang luar biasa. Potensi formula ini dapt menghipnotis pembaca sehingga memiliki potensi membuat tulsian yang sukses.
Jadi bagaimana cara kerja Formula FAB ini ?
Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat…
Ketika anda memiliki produk/jasa tentunya memiliki fitur. Namun anda hanya perlu membahas kelebihan fitur anda. Jika anda menghabiskan waktu untuk menjelaskan semua fitur yang ada akan membuat jenuh pembaca.
Inti penjelasan fitur ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan pembaca. keterampilan inilah yang harus ditangkap oleh copywriter.
Langkah selanjutnya dari rumus ini adalah Keuntungan pelanggan dengan menggunakan produk anda. Jelaskan kelebihan produk anda dibanding dengan pesaing. Pada tahapan ini anda dapat menjelaskan secara detail tentang keuntungan yang diperoleh dari pembaca.
Setelah pembaca mengerti tentang fitur dan keuntungan yang dimiliki oleh produk anda maka saatnya anda menjelaskan tentang manfaat.
Kuncinya pada poin ini adalah anda harus dapat mengikat manfaat produk dengan pembaca. Anda dapat menjelaskan secara lisan maupun visual (gambar, indografik atau video) hingga dapat menyakinkan pembaca.
Ketika pembaca dapat memahami permasalahan mereka maka anda memiliki solusi untuk masalah mereka.
Jika anda dapat memberikan solusi maka anda dapat menggiring pembaca untuk melakukan tindakan.
9. Before–After–Bridge
Ini adalah formula yang menjelaskan secara detail dari masalah tidak ada hingga permasalahan tersebut ada.
Sebenarnya ini adalah metode yang sederhana namun terbukit efektif untuk mendapatkan perhatian pembaca.
Mari kita lihat lebih dalam lagi.
  • Before– Menjelaskan keadaaan saat ini
  • After _ Mengambarkan masa depan yang memiliki banyak kemungkinan
  • Bridge _ Menjelaskan bagaimana anda membantu pembaca untuk menghadapinya
Anda dapat mengunakan formula ini untuk media sosial, email pemasaran, blog atau landing page.
10. 4 C
Formula ini banyak menjadi favorit copywriter karena fokus pada tujuan tulisan dan manfaat untuk pembaca.
Formula ini dikembangkan oleh salah satu copywriter paling AS yaitu Robert Bly.
Penulisan yang jelas, ringkas serta menemukan sisi menarik sehingga tulisan anda dapat dipercaya.
  • Clear : Apakah itu jelas ?
  • Concise : Apakah itu singkat ?
  • Compelling : Apakah itu menarik ?
  • Credible : Apalah itu kredibel ?
Formula ini lebih cenderung sebagai ceklis dari salinan anda. Dengan list ini anda dapat memastikan komponen mana yang tidak terdapat dalam tulisan anda. Jika ada poin yang hilang maka tulisan anda terlihat lemah dan samar.
11. 4 U
Jika anda ingin menggunakan Twitter sebagai media maka formula 4U ini sangat efektif. Rumus ini sangat naik digunakan pada media sosial. Faktor urgensi dan spesifikasi tidak memerlukan kalimat panjang tapi mudah difahami.
Cara kerja Formula 4U
  • Useful : buatlah konten yang berguna
  • Urgensi : menimbulkan rasa urgensi
  • Unique : menyampaikan ide yang bermanfaat dan terlihat unik
  • Ultra spesifik : penyampaian yang spesifik dan tepat pada tujuan
Jika anda menguasai formula ini maka anda akan memperoleh hasil yang maksimal pada media sosial.
12. AICPBSAWN
AICPBSAWN merupakan formula yang menggambungkan semua elemen yang ada. Ini membuat Salinan anda menjadi besar.
Berikut penjelasannya,
  1. Attention : Membuat sesuatu yang mendapatkan perhatian pembaca. Hal ini membuat konten anda terlihat unik dalam persaingan.
  2. Interest : katakan kepada pembaca sehingga mereka memiliki alasan untuk membaca konten anda
  3. Credibility : ketika pembaca anda tertarik terhadap konten maka anda harus memberi alasan mengapa pembaca harus percaya dengan anda.
  4. Prove : Buktikan pada pembaca anda bahwa pernyataan anda benar. gunakan testimonial, fakta, angka, data dll.
  5. Benefit : berikan manfaat yang diperoleh pembaca jika mengunakan bisnis atau jasa anda. Manfaat ini dapat anda sajikan dengan menarik.
  6. Scarcity : Beritahu pembaca anda tentang kelangkaan.
Contoh kalimat yang mempertegas kelangkaan,
  • Tersedia dalam waktu terbatas
  • Hanya untuk 20 orang
  • Dicetak dalam edisi terbatas
Dengan menciptakan kelangkaan akan membuat pembaca anda berpikir lebih cepat dalam mengambil tindakan.
Menggunakan teknik kelangkaan ini harus benar dilakukan secara nyata. Sehingga konten anda dapat dipercaya. Pastikan kelangkaan yang anda tawarkan adalah fakta.
  • Action : katakan pada pembaca mengapa pembaca anda harus melakukan tindakan. Jangan berasumsi bahwa pembaca anda mengerti mengerti untuk mengambil tindakan. Anda harus memberitahu mereka cara melakukan tindakan.
  • Warning : Peringatkan pembaca anda tentang resiko jika tidak mengambil tindakan.
  • Now : pastikan anda memiliki tawaran yang menarik sehingga memastikan pembaca untuk mengambil tindakan sekarang.
Formula copywriting ini memberikan peluang bagi anda ide yang besar. Dan anda dapat menemukan sudut yang unik untuk produk, jasa atau ide anda.
13. Star – Chain – Hook
Elemen utama pada formula ini adalah Chain atau rantai. Inilah dijadikan sebagai dasar bagi menarik perhatian pembaca.
  • Star/Bintang : Produk, layanan atau ide anda
  • Chain/Rantai: Serangkaian fakta, data, sumber, manfaat dan alasan
  • Hook/kait : Panggilan untuk bertindak
14. Formula 1 – 2 – 3 – 4 untuk copy persuasif
Rumus ini menggunakan empat pertanyaan yang memiliki hubungan dalam pembuka cerita rumus sebelumnya. Setelah anda menjelaskan tentang manfaat maka anda dapat memberikan tentang otoritas anda.
  1. Apakah yang anda tawarkan ?
  2. Apa yang bisa dilakukan dengan produk anda ?
  3. Beritahu siapa anda ?
  4. Bagaimana cara mendapatkan produk anda ?
15. 5 keberatan dasar
Kemungkinan pembaca anda memiliki alasan untuk membaca konten anda. Alasan tersebut kemungkinan akan jatuh kedalam salah satu keberatan berikut :
  1. Saya tidak memiliki cukup waktu
  2. Saya tidak memiliki uang
  3. Tidak berguna untuk saya
  4. Saya tidak percaya anda
  5. Saya tak memerlukannya
Hal ini perlu anda pikirikan saat anda menulis. Jika anda mampu menyelesaikan permasalah ini maka akan meningkatkan perhatian pembaca.
16. Formula pendekatan
Pendekatan formula ini sering digunakan oleh telemarketer atau seorang sales door to door. Rumus ini membutuhkan waktu untuk membagun kepercayaan dan mencari waktu terbaik untuk melakukan penjualan.
  • Datang pada masalah
  • Menawarkan solusi
  • Merayu pendengar mengapa solusi anda yang terbaik
  • Yakinkan pada pembaca anda solusi anda dapat dipercaya
  • Mengatur kesempatan yang tepat untuk menjual
  • Meminta respon
Penggunaan rumus ini dapat berjalan lambat. Anda membutuhkan cara pemasaran atau konten yang panjang agar mendapat respon dari pembaca.
17. Formula Copywriting Bob Sterling Power
Rumus ini sangat cocok untuk landing page dan halaman panjang untuk penjualan.
Penyampaian formula ini cukip detail dan panjang . langkah panjang ini berisi 36 poin yang harus anda perhatikan.
Mari kita mulai,
Persyaratan formula ini :
  1. Memilik produk yang berkualitas
  2. Membuat dan menggunakan Profil pembaca
  3. Kredibilitas
  4. Penawaran
Langkah-langkah :
  1. Melakukan penelitian mendalam dan menyeluruh untuk tulisan anda
  2. Biarkan ide anda berkembang
  3. Lengkapi daftar fitur, fakta dan angka
  4. List setiap manfaat
  5. Ciptakan tawaran menarik
  6. Buat jaminan besar
  7. Tulislah judul yang menarik perhatian
  8. Gunakan warna setiap poin kunci untuk menarik perhatian
  9. Batasi jumlah grafis
  10. Menarik pembaca dengan pembuka dan memenuhi janji yang relevan dengan judul
  11. Menghilangkan keberatan awal
  12. Buatlah sambungan menarik dengan sub header untuk setiap potongan agar pembaca anda tertarik membaca setiap konten anda
  13. Buatlah pembaca anda merasa kesakitan mendalam
  14. Bangunlah kredibilitas anda untuk membangun kerpercayaan
  15. Berikan bukti yang dipercaya atas solusi yang anda berikan
  16. Beri jeda setiap potongan tulisan anda agar mudah dibaca
  17. Mempersingkat manfaat utama
  18. List fitur produk anda
  19. Memberikan tambahan yang berharga sehingga pembaca takut kehilangan tawaran anda
  20. Tampilkan harga produk anda
  21. Ajakan untuk merespon
  22. Mengurangi resiko dengan jaminan
  23. Gunakan faktor kelangkaan
  24. Membangun dan memperkuat solusi dan bonus
  25. Buatlah mudah bagi seseorang yang memesan
  26. Hindari semua link yang membuat pelanggan anda pergi dari situs anda
  27. Santailah sejenak
  28. Periksa dan edit ulang salinan anda agar maksimal
Kesimpulan
Masih banyak formula copywriting lainnya yang dapat anda pelajari. Namun formula copywriting diatas merupakan rumusan dasar bagi copywriter.
Dengan rumusan tersebut anda dapat menerapkannya dalan tulisan postingan blog atau media sosial.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Membuat E-book dengan Calibre

Teknologi 5G

Cara Kerja Sosial Media Marketing