E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis

E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis
Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunaannya kini adalah e-commerce. Secara umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik.Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.


Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :
a. Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan                komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga        pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain,          EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para
    penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.

b. Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-      transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara      formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer      data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem            komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas                penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis      dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan,                sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem              komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga                  terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi      dari manusia.
c. Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi
    untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan            jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana        barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
      
Bisnis dan Komunikasi

Ditinjau dari aspek bisnis, organisasi adalah sarana manajemen (dilihat dari aspek kegiatannya). Korelasi antara Ilmu Komunikasi dengan Organisasi terletak pada peninjauannya yang berfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan.
Dalam lingkup organisasi, tujuan utama komunikasi adalah memperbaiki organisasi, yang ditafsirkan sebagai upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan manajemen. Komunikasi organisasi terjadi setiap saat. Dan dapat didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarchies antara satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Membuat E-book dengan Calibre

Teknologi 5G

Cara Kerja Sosial Media Marketing