Cara Mudah Membuat E-book dengan Calibre

Cara Mudah Membuat E-book dengan Calibre

 
Sebenarnya banyak sekali aplikasi-aplikasi untuk membuat e-book itu , namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat e-book menggunakan aplikasi Calibre.
Sebelumnya kita bahas dulu apa sih Calibre itu ??

Calibre Ebook merupakan software managemen e-book yang tidak hanya bisa digunakan untuk membuat e-book, melainkan juga bisa difungsikan sebagai perpustakaan pribadi, untuk menyimpan, mencari, memilih, dan membaca ebook dalam jumlah yang relatif banyak, bisa ratusan bahkan ribuan, dan dengan cara cepat.

Hal ini dimungkinkan karena Calibre bisa melakukan sortir koleksi ebook berdasarkan : Judul, Pengarang, tanggal dimasukkan, tanggal diterbitkan, ukuran, rating, seri, dll.

Pada Calibre Ebook, kita juga bisa memasukkan tags maupun comments sesuai dengan keinginan. Sehingga jika suatu saat kita ingin mencari ebook dengan tag tertentu, kita bisa mencarinya dengan mudah. Semua fasilitas inilah yang oleh pengembangnya disebut Library Management.

Kebanyakan software E-Bokk hanya bisa mengkonversi file dokumen/gambar menjadi beberapa format file, misalnya PDF, SWF, HTML, dan ZIP. Disini Calibre menawarkan banyak format file output, seperti: EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, HTMLZ, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, dari file input : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ.

Dilihat dari daftar file yang bisa dikonversi Calibre ternyata tidak mensupport format file .doc . namun masih ada cara untuk mengkonversi file  dokumen .doc. yaitu dengan terlebih dulu mengkonversi file .doc  ke dalam format HTML. Selanjutnya kita bisa mengkonversinya menggunakan ke Ebook menggunakan Calibre Ebook.

Bagaimana sih cara mendownload alikasi calibre ??

Sebelum membuat ebook dengan calibre pastinya kita harus mempunyai software nya. kita dapat mendownload software calibre melalui situs resmi milik calibre di https://calibre-ebook.com/download . setelah software terdownload jangan lupa untuk menginstal aplikasi Calibre agar dapat kita gunakan. 

Selanjutnya langsung aja yukk simak cara mengginstal dan membuat ebook menggunakan calibre di bawah ini dan selamat mencoba ....




sumber reverensi :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknologi 5G

Cara Kerja Sosial Media Marketing